Wanita dan Gunung, Wadah Berbagi Para Pendaki Pemula

Wanita dan Gunung, Wadah Berbagi Para Pendaki Pemula

Tivan Rahmat | 04 Dec 2016

JAKARTA, GANLOB.COM – Pendakian gunung kini tidak hanya milik para pria. Dari tahun ke tahunnya, hobi ekstrem ini juga mulai diminati kaum Hawa. Sayangnya, banyak wanita yang belum memperhatikan keselamatan selama perjalanan dalam pendakian.

Oleh karena itu, Wanita dan Gunung tergerak untuk mengampanyekan keselamatan dan kenyamanan para pendaki wanita saat melakukan pendakian gunung.

“Wanita dan Gunung mulai terbentuk sekitar Juni 2015. Tercetus karena maraknya pendakian yang kurang aman dan kurang persiapan. Kami mencoba mengampanyekan perjalanan yang aman dan nyaman, khususnya bagi wanita yang baru memulai pendakian,” ujar co-founder Wanita dan Gunung, Rika, kepada Ganlob.com di kawasan Ragunan Jakarta, belum lama ini.

Meski baru berdiri kurang dari dua tahun, namun keberadaan komunitas pendakian gunung ini banyak dicari wanita yang ingin mulai terjun di dunia pendakian.

“Sekarang sudah ada 200 orang yang tersebar di seluruh Indonesia. Pusatnya di Jakarta. Biasanya, kita meet up, dan sharing terbuka untuk umum soal pendakian. Hanya saja kalau anggota internal, semuanya wanita,” sambung wanita berhijab ini.

Untuk membekali para pendaki pemula, Wanita dan Gunung menggandeng beberapa pendaki profesional agar bisa memberikan pengarahan kepada para anggota.

“Sebenarnya Wanita dan Gunung bukan fokus pada mendaki bareng-bareng, lebih ke pembekalan. Tapi kalau yang bareng-bareng baru sekali ke Papandayan pada September 2015. Kita dipandu para pendaki profesional setiap kita sharing,” imbuh Rika.

Selama bergabung dengan Wanita dan Gunung, Rika mengakui bahwa banyak anggota yang mendapatkan wawasan baru terkait dunia pendakian.

“Benefitnya, orang-orang lebih paham mengenai seluk beluk pendakian, mulai dari persiapan hingga menghormati kebudayaan setempat, karena setiap gunung memiliki budayanya tersendiri. Harapannya, semakin banyak orang, khususnya wanita yang aware dan bisa mempersiapkan kebutuhan pendakian gunung,” tandasnya.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA