Biodiversity Warriors Lestarikan Keanekaragaman Hayati

Biodiversity Warriors Lestarikan Keanekaragaman Hayati

Tivan Rahmat | 28 Nov 2016

JAKARTA, GANLOB.COM – Kita seringkali mendengar orang menyebut bahwa Indonesia merupakan negara kaya. Sayangnya, belum banyak orang mengenali kekayaan di bumi Nusantara ini.

Oleh karena itu, Yayasan Keanekaragaman Hayati (Kehati) berinisiatif memperkenalkan kekayaan alam Indonesia kepada generasi muda lewat Biodiversity Warriors. Terbentuk sekitar bulan Juni 2014, komunitas unik ini mewadahi para generasi muda yang peduli terhadap kekayaan alam di Tanah Air.

“Sekitar Juni 2014 (pembentukan Biodiversity Warriors) dari Kehati. Lewat Biodiversity Warriors ini, kita ingin generasi muda yang peduli dengan keanekaragaman hayati memiliki wadah untuk berbagi,” papar Rasyid Hakiim mewakili Yayasan Kehati saat ditemui Ganlob.com dalam acara Hello Nature 2016 di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan, Minggu (27/11).

Soal aktivitas, Biodiversity Warriors rutin berkumpul untuk menangkap gambar flora dan fauna asli Indonesia yang lantas dijadikan sebuah tulisan.

“Biasanya, kita ‘menangkap alam’ dengan berkumpul di area terbuka. Hasilnya, kemarin sempat dijadikan buku,” lanjut pria bersahaja ini.

Untuk kedepannya, komunitas yang beranggotakan sekitar 1.500 orang ini berharap agar masyarakat Indonesia benar-benar menjaga kekayaan alam bumi pertiwi.

“Kalau jaringannya sudah luas, orang bisa melihat benar-benar kekayaan yang dimiliki Indonesia. Benar-benar ada buktinya, berupa gambar. Semakin kita mengenal apa yang kita miliki, semakin kita bisa menjaga apa yang kita punya,” pungkas Rosyid..


KOMENTAR
BERITA LAINNYA