Kualitas Sperma Pria Menurun Dalam Kondisi Ini Sumber Foto: Parents

Kualitas Sperma Pria Menurun Dalam Kondisi Ini

Tivan Rahmat | 24 Nov 2016

GANLOB.COM – Kualitas sperma pria dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk suhu tubuh.

“Ketika saya tahu bahwa seorang pria yang rutin mandi air panas, merokok ganja, atau memakai celana sepeda yang ketat dapat memengaruhi kualitas sperma, tiba-tiba muncul pertanyaan, ‘Apakah Anda sakit tiga bulan yang lalu?’ pada pasien yang tengah mengecek kesehatan spermanya demi program memiliki anak,” kata ujar seksolog Kurt Wharton MD seperti dilansir dari Health, Kamis (24/11).

Secara tidak langsung, menurut Kurt, suhu tubuh yang tinggi akibat memiliki dampak yang sama dengan kebiasaan mandi air panas yang tidak baik bagi kesehatan testis.

“Paparan air panas pada testis dapat berdampak terhadap sperma pria untuk waktu yang sangat lama. Karena sperma memerlukan waktu yang lama untuk tumbuh dewasa. Eksposur terhadap air panas ini biasanya akan memakan waktu setidaknya tiga sampai sembilan bulan untuk dapat berfungsi normal kembali,” ujar rekan Kurt, Pau Shin MD.

Bahkan, keduanya sepakat mendukung hasil studi tahun 2003 yang menyebutkan bahwa konsentrasi produksi sperma bisa menurun hingga 35 persen ketika seorang pria terkena demam tinggi.

 


KOMENTAR
BERITA LAINNYA