Ingin Bugar Seharian? Sarapanlah Dengan Buah Kiwi!

Ingin Bugar Seharian? Sarapanlah Dengan Buah Kiwi!

Dian | 05 Jun 2015

JAKARTA, GANLOB.COM – Sarapan itu penting dan menjadi modal utama bagi tubuh untuk menjalani aktivitas seharian. Sayangnya, hingga kini masih banyak orang yang sering mengabaikan kebiasaan makan pagi tersebut.

Pada umumnya sarapan diisi dengan menu yang sarat karbohidrat, tapi kurang kandungan serat, vitamin dan mineral. Makan pagi dengan buah memang belum dijadikan kebiasaan, padahal makan pagi dengan buah memberikan manfaat yang jauh lebih baik bagi tubuh.

Tidak hanya untuk mendukung aktivitas harian, sarapan buah juga memberikan manfaat kesehatan jangka panjang. Nah, untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk mulai makan pagi dengan buah, Kamis (4/6) kemarin Zespri meluncurkan kampanye “Awali dengan Kiwi”.

Makan pagi penting untuk memberikan energi bagi tubuh dan otak, setelah semalaman tubuh kita beristirahat. Beberapa jurnal kesehatan menemukan bahwa makan pagi yang sehat dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan konsentrasi, serta memperbaiki mood dan menurunkan kadar stres.

Secara jangka panjang, makan pagi dapat membantu menurunkan obesitas, darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes. Melewatkan makan pagi membuat tubuh menjadi lebih agresif mengirimkan signal lapar, sehingga menjadi lebih banyak konsumsi makanan di luar waktu makan lainnya. manfaat sarapan

“Nutrisi yang diperlukan saat pagi hari antara lain karbohidrat, serat, protein, lemak, cairan, vitamin dan mineral. Serat yang dihasilkan buah diperlukan untuk memberikan rasa kenyang lebih lama sebelum makan siang sehingga mengurangi rasa ingin makan cemilan penunda lapar, yang justru kadang tidak sehat. Makan pagi dengan buah, seperti buah kiwi, memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan seharian,” jelas Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK, dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Lebih lanjut Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK, mengatakan, ”Buah kiwi mengandung vitamin C  dan serat yang tinggi, antioksidan, mineral, dan vitamin E dan berbagai nutrisi lainnya. Riset yang dilakukan oleh University of Otago menemukan bahwa mengonsumsi varian buah kiwi Gold sebanyak 2 buah per hari dapat mengurangi mood yang buruk, mengurangi kelelahan dan depresi, dan dapat menaikkan semangat sehingga sangat baik jika dikonsumsi pada saat makan pagi2 buah kiwi memiliki jumlah serat yang setara dengan semangkuk cereal.”

So Ganlobers, yuk mulai sekarang biasakanlah sarapan dengan buah, khususnya buah kiwi biar tubuh kalian bugar seharian.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA