Layanan Baru YouTube Ancam Musisi Indie

Layanan Baru YouTube Ancam Musisi Indie

Dian | 25 Jun 2014

GANLOB.COM – Beberapa waktu lalu YouTube mengumumkan rencana untuk meluncurkan layanan musik streaming berbayar dengan kerjasama label.

Hal itu berarti bahwa video musik indie, seperti Adele, Arctic Monkeys dan Radiohead terancam tidak akan bisa dinikmati secara bebas lagi.

Rencana tersebut ditentang keras oleh para musisi, khususnya musisi indie, karena dianggap mematikan kreativitas dalam bermusik.

Ed O’Brien, gitaris band Radiohead adalah salah satu pihak yang sangat keras memprotes rencana YouTube tersebut. O’Brien menyebutkan keputusan YouTube itu dapat mematikan industri musik berbiaya rendah dan akan berimbas pada para penikmat musik.

Sementara itu, pihak Google sebagai induk YouTube mengatakan bahwa rencana itu justru akan membantu industri musik tetap hidup.

“Tujuan kami adalah untuk melanjutkan upaya membuat YouTube sebagai platform menikmati musik yang mengagumkan, dan juga membantu industri musik untuk menemukan sumber pendapatan baru yang lebih potensial, yakni melalui fitur berlangganan yang terafiiasi dari masing-masing label rekaman komersial,” ujar juru bicara YouTube, seperti dikutip dari laman bbc.com.

Robert Kyncl, kepala bidang konten dan operasi bisnis YouTube, mengancam akan memblok video-video dari label indie dalam beberapa hari ke depan jika menolak menyepakati tawaran yang diajukan.


KOMENTAR
  • Layanan Baru YouTube
    30 June 2014

    […] Source: link […]

BERITA LAINNYA