Rally Dakar Dinodai Skandal Penyelundupan Kokain

Rally Dakar Dinodai Skandal Penyelundupan Kokain

Tubagus Muhammad Rakhmatullah | 27 Feb 2014

GANLOB.COM – Sportifitas dan nama baik ajang balap uji ketahanan Rally Dakar telah ternodai. Gelaran ke-35 yang baru usai bulan lalu ternyata dimanfaatkan sejumlah oknum untuk menyelundupkan narkoba jenis kokain.

Tidak tanggung-tanggung jumlah kokain yang diselundupkan tersebut mencapai 1,4 ton dengan nilai sekitar 371 miliar dollar AS. Jika dirupiahkan, nilai tersebut setara dengan Rp 4,3 triliun.

Terungkapnya kasus ini bermula dari kecurigaan pihak kepolisian Perancis terhadap kargo yang dibawa oleh salah satu truk pendamping (assistance trucks) Rally Dakar ketika bersandar di pelabuhan Le Havre, Perancis.

Setelah diperiksa, truk milik Epsilon Team asal Spanyol kedapatan membawa 1,4 ton kokain yang dibungkus plastik dan disembunyikan di sejumlah ban yang menjadi muatan truk tersebut. Epsilon Team sendiri telah dipercaya sebagai penyedia logistik acara Rally Dakar selama 27 tahun terakhir.

Kepolisian Perancis menduga kokain tersebut dibawa dari Bolivia dan Kolombia, dua negara yang memang dikenal sebagai penghasil kokain terbesar di dunia. Pihak kepolisian  telah menahan tiga orang Spanyol dan dua Bulgaria terkait kasus penyelundupan ini.


KOMENTAR
BERITA LAINNYA