Ekspresi Kuliner Betawi di Hotel Berbintang

Ekspresi Kuliner Betawi di Hotel Berbintang

Ganlob Admin | 22 Jun 2013

JAKARTA, GANLOB – Kuliner Betawi tidak hanya kerak telur, nasi uduk dan gado-gado. Betawi sesungguhnya memiliki ragam pilihan masakan yang lebih kaya dibanding daerah lainnya. Maklum saja, akulturasi budaya yang terjadi sejak zaman dahulu memengaruhi sejumlah masakan khas Betawi. Hanya saja, kita tidak terlalu mengenal kuliner Betawi ini.

Dalam rangka menyemarakkan HUT DKI Jakarta, sejumlah hotel sengaja menghadirkan memori Batavia melalui festival kuliner dan budaya Betawi. Uniknya, setiap hotel menyuguhkan kekayaan menu Betawi yang autentik dalam gaya dan standar internasional. Bukan hanya soal rasa yang menjadi utama, melainkan juga tampilannya. Ini agar kuliner Betawi tetap eksis di tengah kota metropolitan.

 

 

Semarak Betawi di Mandarin Oriental

Mandarin Oriental memusatkan kemeriahan festival kuliner Betawi di Cinnamon Restaurant. Di sini, Mandarin Oriental menyulap restorannya dengan segala sesuatu berbau Betawi. Mulai dari staf restoran dalam balutan busana tradisional Betawi berupa encim dan sadariah, serta alunan musik gambang kromong mengingatkan Ganlobers akan nuansa Betawi tempo dulu.

Di Cinnamon Restaurant, Ganlobers dapat menikmati beragam budaya kuliner Betawi, mulai dari hidangan pembuka, seperti tahu gejrot, martabak telor, asinan, asinan buah, rujak juhi, dan rujak pengantin yang sudah jarang ditemui. Untuk hidangan utama, ada gabus pucung, sambal goreng hati, semur, sayur babanci, dan opor ayam. Beberapa hidangan akan dibuatkan langsung ketika Ganlobers memesannya, seperti gado-gado, ketoprak, soto betawi, kerak telor, dan sate ayam.

Sementara, hidangan penutupnya ada beragam es, seperti es doger, es cendol, es campur, dan es cincau serta jajanan pasar seperti kue pepe, kue rangi, kue putu, kue pancong, dan getuk bisa Ganlobers cicipi di sini. Semua bisa Ganlobers nikmati mulai tanggal 17 sampai 22 Juni 2013 dengan harga Rp 264 ribu per orang.

 

 

Nostalgia Batavia di JW Marriott Hotel Jakarta

JW Marriott Hotel Jakarta menawarkan nostalgia hidangan Betawi tempo dulu yang lezat dan menggugah selera di buffet terbesar kota Jakarta, Sailendra Restaurant. Dengan tema “Nostalgia Batavia”, JW Marriott menyajikan berbagai hidangan betawi yang akan mengingatkan pada betawi tempo dulu.

Menu-menu yang dihidangkan antara lain adalah pucung ikan gabus, pecak lele yang sangat sulit sekali ditemukan di Jakarta saat ini.

Sailendra Restaurant juga menghidangkan hidangan khas Betawi seperti soto Betawi ayam goreng Betawi, asinan Jakarta, semur jengkol, kerak telor, nasi uduk lengkap dengan hidangan pelengkapnya, rujak juhi, ketoprak, Batavia bir pletok dan masih banyak lagi.

Nikmati nostalgia Batavia yang unik dan khas dari tanggal 14-28 Juni 2013 untuk makan malam dengan harga Rp 278.000 per orang.

 

 

Jakarta Punya Cerita ala The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan

The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan akan memanjakan malam anda dengan Jakarta Punya Cerita, sebuah seri pengalaman kuliner masakan khas Jakarta tempo dulu dan masa kini di Asia Restaurant mulai tanggal 19-30 Juni 2013.

Seperti mengulang sejarah, Asia Restaurant menghias ruangannya dengan mereplika jalan-jalan Jakarta tempo dulu, lengkap dengan dekorasi seperti delman, vespa, ondel-ondel dan sepeda onthel.  Didampingi dengan hiburan oleh alunan lagu khas tempo dulu seperti Jali-Jali, Kicir-kicir, Keroncong Kemayoran dan Lenggang Kangkung, Ganlobers akan merasakan pengalaman mencicipi makanan khas Jakarta dengan sisi berbeda.

Tim kulinari Asia Restaurant mempersiapkan serangkaian menu favorit Jakarta tempo dulu yang dapat dinikmati mulai dari Salad Betawi, Soup Station (Soto Betawi dengan berbagai bumbu), Asinan Jakarta Live Station, Betawi Station (Sayur besan, sayur babanci, Semur daging Betawi, pepes ikan salem mangga dua, gulai kambing tanah abang, gulai sotong muara karang, udang bakar muara karang, kare ikan tongkol, kambing bumbu kecap benteng) sampai Betawi corner (kue pancong, wajik Betawi, kue cucur, kue pepe, talam ubi, mangkok beras).

Rangkaian makanan terbaik ini dilanjutkan dengan Martabak Station (martabak kambing, martabak ayam, martabak daging), Pojok Betawi (Nasi uduk, nasi goreng udik, semur jengkol, gabus pucung, gado-gado) dan kerak telor spesial “Bang Somad”. Seluruh hidangan ini dapat dinikmati di Rp. 258,000++ untuk makan siang dan Rp. 288,000++ untuk makan malam.

 

foto: dok.Mandarin Oriental Jakarta,JW Marriott Hotel Jakarta,The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan

 


KOMENTAR
BERITA LAINNYA