Shale Gas, Potensi Bisnis Energi Baru?

Shale Gas, Potensi Bisnis Energi Baru?

Ganlob Admin | 08 May 2013

JAKARTA, GANLOB – Pemerintah Republik Indonesia akan mengembangkan potensi shale gas yang merupakan gas alam non-konvesional. Shale gas adalah gas yang diperoleh dari serpihan batuan shale atau tempat terbentuknya gas bumi. Pemerintah RI berencana untuk bekerja sama dengan Amerika Serikat (AS) dalam pengembangan sumber daya alam tersebut.

AS sendiri telah lama mengembangkan potensi gas alam non-kovensional untuk memenuhi kebutuhan energi domestik. Keberhasilan AS dalam pengembangan shale gas bahkan telah menyebabkan negara ini tidak lagi mengimpor gas alam di tahun 2014 mendatang.

Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tahun lalu mengumumkan cadangan shale gas di Indonesia mencapai 574 trilyun kaki kubik (tcf), yang tersebar di 4 wilayah yaitu Sumatera, Kalimantan, Papua dan Jawa, seperti yang dikutip dari thejakartapost.com

Cadangan di Sumatera merupakan yang terbesar dengan perkiraan 233 tcf, khususnya di wilayah tengah, di mana sekitar 86,9 tcf sumber daya shale gas dapat ditemukan.

 

Foto : rimanews.com


KOMENTAR
BERITA LAINNYA