Kenali Jenis Jam Tangan Sebelum Membeli

Kenali Jenis Jam Tangan Sebelum Membeli

Percysido ||

JAKARTA, GANLOB – Saat ini jam tangan tidak lagi sekadar sebagai penanda waktu, tetapi sudah menjadi gaya hidup yang unik bagi masing-masing pribadi. Your Watch is Your Personality, bisa jadi ini adalah kalimat yang tepat menggambarkan pergeseran peran arloji saat ini.

Namun jika Ganlobers ingin membeli jam tangan yang awet dan tidak mudah rusak, Ganlobers harus lebih dahulu mengenal jenis-jenis jam tangan agar tidak salah pilih.

Jam tangan Chronograph

Jam tangan jenis ini merupakan perpaduan antara stopwatch dengan penunjuk waktu. Chronograph dapat melacak berlalunya waktu (detik dan menit bahkan pada beberapa model dapat mencatat jam berlalu). Umumnya jam tangan chronograph memiliki tiga tombol di bagian samping kanan. Tombol paling atas digunakan untuk mengukur detik yang dapat mengukur kecepatan sampai 1/100 detik. Kemudian tombol tengah berfungsi untuk menyetel jam dan menit, sama seperti fungsi pada jam tangan biasa. Sedangkan tombol paling bawah berfungsi untuk menghentikan detik yang dinyalakan oleh tombol atas dan membalikkannya ke posisi semula, yaitu di angka 12.

Jam tangan Otomatis

Dikenal juga dengan nama self winding watch, yaitu jam tangan mekanik yang tidak memerlukan baterai untuk sumber tenaga penggerak jam tersebut. Saat jam tersebut dikenakan, setiap gerakan si pemakai akan menggerakkan sebuah komponen bernama rotor (bentuknya seperti piringan) yang selalu berputar pada sumbu aksis. Rotor tersebut akan menghasilkan tenaga yang kemudian disalurkan pada per untuk menyimpan tenaga, sehingga jam tangan tersebut akan selalu bekerja selama masih dikenakan. Apabila jam tangan otomatis dilepas, jam ini masih tetap hidup sampai tenaga yang disimpan pada per tadi habis.

Jam tangan Analog

Jenis jam tangan ini biasanya mempunyai dua atau tiga jarum sebagai alat penunjuk waktu. Jarum pertama adalah jam, jarum kedua adalah menit dan jarum ketiga adalah detik. Saat ini jam analog sudah banyak mengalami kemajuan, di mana banyak jenis jam ini juga menambahkan fitur untuk menunjukkan tanggal dan bulan.

Jam tangan Digital

Sistem waktu pada jam digital ini ditunjukkan dengan sistem numerisasi atau angka sehingga informasi waktu yang didapatkan bisa akurat dan tidak harus melakukan perkiraan seperti ketika menggunakan jam analog.

Pada jenis jam ini banyak sekali fitur tambahan yang sangat membantu, seperti kompas, alarm, pengukur denyut nadi, penghitung langkah bahkan Global Positioning System (GPS). Umumnya jenis jam ini sudah tahan air sehingga aman untuk berenang sekalipun.

Jam Tangan Sport

Jam tangan sport biasanya dirancang untuk keperluan berbeda-beda. Misalnya jenis diver yang dirancang khusus untuk digunakan oleh penyelam ataupun jam tangan untuk pilot yang memiliki penunjuk waktu untuk banyak negara.

 

Foto : breitling.com

KOMENTAR