Perdagangan Barang Cina Melampaui Amerika Serikat

Oleh || March 25, 2013
Perdagangan Barang Cina Melampaui Amerika Serikat

 

JAKARTA – Negara Cina telah menjadi negara perdagangan barang terbesar di dunia, mengakhiri dominasi Amerika Serikat (AS) untuk pertama kalinya, menurut data resmi yang ada.

Administrasi kepabeanan Cina mengungkapkan bahwa nilai total gabungan untuk ekspor dan impor barang-barang Cina mencapai US$ 3,87 triliun pada tahun 2012. Melewati tipis US$ 3,82 triliun nilai perdagangan barang yang tercatat oleh Departemen Perdagangan AS seperti yang diberitakan guardian.co.uk
Namun perekonomian negeri paman Sam sendiri yang bernilai US$ 15 triliun masih dua kali lipat lebih besar dari perekonomian Cina yang bernilai US$ 7,3 triliun.

Keunggulan Amerika tersebut bukan hanya memiliki pasar internal yang besar untuk barang produksi, tetapi juga mendominasi perdagangan jasa. Perdagangan Amerika secara keseluruhan mencapai US$ 4,93 triliun tahun 2012, menurut data Biro Analisis Ekonomi AS (BEA), dengan nilai surplus sebesar US$ 195,3 miliar.

Dengan pencapaian Cina saat ini dan potensi besar yang dimiliki negara dengan populasi penduduk terbanyak di dunia, bukan tidak mungkin kelak Cina menjadi pemimpin dalam pasar global.

 

Foto : nytimes.com

Tinggalkan Komentar

CAPTCHA Image
*